Lorem ipsum dolor sit amet

Orang terkaya di dunia, Bill Gates, mengumumkan dirinya akan menggelontorkan dana lebih dari US$ 1,7 miliar (sekitar Rp 22,9 triliun) untuk memajukan bidang pendidikan.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Business Insider, Senin (23/10/2017), pendiri Microsoft itu menjanjikan dana lebih dari Rp 22,9 triliun untuk pendidikan di sekolah-sekolah umum.

Bersama dengan Bill and Melinda Gates Foundation, pria dermawan ini telah menginvestasikan lebih dari US$ 3,4 miliar untuk pendidikan umum di Amerika Serikat.

Langkah ini sebelumnya dilakukan bos Facebook Mark Zuckerberg dengan mengucurkan dana US$ 100 juta ke Newark Public School pada 2010 silam. Sayang, upaya yang dilakukan Zuck tidak menemui keberhasilan.

Saat itu, tujuan Zuckerberg untuk menjadikan sekolah yang disumbangnya menjadi model reformasi pendidikan. Namun, tujuan tersebut tidak tercapai.

Suami Priscilla Chan ini pun mendapat kritikan lantaran dalam menjalankan program tersebut, ia tidak menerima masukan dari orangtua dan administrator lokal. Padahal saran tersebut dianggap penting karena perubahan harus melibatkan masyarakat.

Kemudian, di tahun 2014, Zuckerberg mulai berinvestasi senilai US$ 120 juta (sekitar Rp 1,6 triliun) ke sekolah-sekolah di sekitar San Francisco Bay Area dan berfokus pada reformasi di tingkat komunitas.

Belajar dari kegagalan Zuck, Bill Gates mengatakan, sekolah dan para guru harus berupaya agar program yang dilakukannya sukses. Untuk itu dia akan menggelontorkan 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan sumbangan Zuck ke Newark.

“Kami akan membebaskan siapa pun memberikan saran terkait pendekatan yang akan dinilai berhasil untuk pengajaran yang tepat,” kata Bill Gates dalam pidatonya di Cleveland, Ohio, saat mengumumkan pendanaan tersebut.

Selama bertahun-tahun, Gates memang fokus berdonasi untuk memajukan pendidikan. Hal ini telah dilakukannya sejak 2010 bersama dengan sang istri Melinda Gates.